Bermacam Software BIM

Untuk menggunakan sistem BIM dalam pekerjaan kita, memang membutuhkan software yang disyaratkan agar bisa menjalankan sistem BIM. Berikut beberapa software yang bisa teman – teman gunakan. Jika ada yang lain mungkin bisa teman – teman tambahkan.

Concept Modeling

Dalam fase konsep kita bisa menggunakan software tersendiri yang cepat untuk membentuk suatu wujud.
– Autodesk Formit : Digunakan untuk membuat konsep bangunan yang bisa dilanjutkan dalam fase selanjutnya menggunakan Revit.
– Bricscad Shape : Sama seperti Autodesk Formit dengan kelebihan menggunakan file native .dwg sehingga selain bisa dilanjutkan dengan Bricscad BIM juga bisa dengan Autocad Architecture, IDEA Arch dan lain – lain yang menggunakan file .dwg
– Infrawork : Digunakan untuk project – project infrastruktur semacam jalan dan jembatan yang sangat membantu untuk dilanjutkan pada fase berikutnya dengan Autodesk Civil 3D

BIM Modeling

Saya membedakan dengan software Concept Modeling karena dalam fase Skematik sampai dengan As Built membutuhkan informasi geometri akurat yang bisa di wujudkan juga dalam gambar teknik (2D). Namun demikian software – software yang saya sebutkan dalam Concept Modeling juga menggunakan geometri yang akurat dalam kita memodelkan.
– Autodesk Revit : Softaware modeling BIM multi disiplin Architecture, Structure dan MEP
– Bentley AECOsim : Kompetitor Revit dari Bentley
– Nametschek Allplan : Kompetitor Revit dari Nametscheck. mempunyai kelebihan di modeling reinforcement yang  memudahkan jika digunakan pada project – project sipil yang mempunyai bentuk rumit (jembatan, dam dll). Revit juga bisa namun memerlukan software addins.
– Nametscheck Vectorworks : saya tidak tahu alasan Nametschek membuat brand lain yang mempunyai fungsi mirip dengna Allplan. Mungkin di masalah harga dan kemampuan berbeda.
– Bridscad BIM : mempunyai kelebihan menggunakan file native .dwg sehingga tidak perlu convert – convert yang kadang mempunyai masalah. (saya pernah punya masalah saat convert dari revit 2017 sheets menjadi dwg)
– Autodeks Civil 3D : digunakan untuk project infrastruktur terutama jalan dan land developing.
– Trimble Sketchup : Modeling yang mudah. Seperti software concept modeling yang diperkaya sehingga bisa digunakan untuk fase selanjutnya.
– Trimble Tekla : Modeling struktur yang sangat kaya fitur (termasuk kalkulasi) dan  sudah sangat dikenal sejak lama
– Edificius dan Edificius Land dari ACCA software.
– IDEA arch
Dan masih banyak sekali software – software modeling yang bisa teman gunakan.

Planning dan Construction Management

-BIM 360 dari Autodesk
– Asite
– Trimble Connect
– Nametschek dRofus
– usBIM dari ACCA
– dll

BIM Check, Clash Detection, Combine Model dll

-Naviswork dari Autodesk
-Solibri dari Nametscheck
-Tekla BIMsight dari Trimble
-dll

Dan masih banyak software – software yang lain semisal untuk kalkulasi struktur semacam robot, SAP, cubus, etabs kemudian software kalkulasi ME, software energy analisys dll. Yang terpenting adalah mereka bisa saling bertukar data karena yang terpenting dalam BIM adalah pertukaran data yang mudah dan selalu akurat.

Tinggalkan Balasan