Conceptual Modeling Duel (Formit vs Sketchup)

Dalam beberapa artikel yang sudah saya buat, seringkali saya menuliskan bahwa BIM adalah sebuah proses yang berkelanjutan. Untuk itu dalam modeling 3D untuk BIM juga harus mengikuti proses tersebut yaitu sesuai fase yang ada. Biasanya fase – fase tersebut adalah Concept Design, Schematic Design, Detailed Design, Construction Documentation, Fabrication & Assembly, As Built. Jadi detail dari model yang kita buat akan mengikuti fase – fase tersebut. Tidak semua hal kita modelkan. Itu yang disebut sebagai BIM Level of Development (LOD). LOD perfase dinamakan berbeda – beda yaitu  LOD 100, LOD 200, LOD  300, LOD 350, LOD 400 dan LOD 500. Mengenai LOD akan saya tuliskan dalam artikel yang berbeda.

Kali ini saya akan membahas tentang software yang bisa digunakan untuk Consept Design yaitu Formit dan Sketchup. Kedua software tersebut merupakan web apps jadi kita tidak perlu untuk install ke komputer cukup menggunakan koneksi internet dan browser modern. Keduanya juga gratis untuk digunakan. Tabel berikut beberapa hal sudah saya bandingkan antara kedua web apps tersebut.

Perbandingan
Autodesk Formit
Trimble Sketchup
url web apps
User Login
-Bisa tanpa login untuk langsung disimpan di lokal drive
-Membutuhkan login Autodesk Account untuk disimpan di BIM 360
– Membutuhkan akun Trimble Connect untuk mulai membuat model
Open File
-Bisa langsung dari lokal drive
-Harus upload dari Akun Trimble Connect
-Insert sebagai komponen kemudian di explode
Insert gambar
-JPG, PNG, GIF
-JPG – PNG
Export File
-AXM, OBJ, STL, SAT, sebagai 2D Image (PNG)
-STL, sebagai 2D Image (PNG)
Print Langsung
-Tidak bisa
– Bisa sebagai PDF
Unit/Template
-Imperial (ft), metric (m)
Tapi fleksibel bisa memasukkan value secara Inches dalam imperial, atau cm dan mm dalam metric
-Feet & Inches, Meter, Millimeter
Paint Material
-Standard Formit, Bisa custom sendiri
-Standar Sketchup
Dimensi, Text, Section Plane
-Tidak Tersedia
-Tersedia
Layer
-Tersedia
-Tersedia
Insert Komponen
-Sedikit sample
-3D Warehouse
Grouping
-Tersedia
-Tersedia
Location
-Tersedia tapi gagal (error?)
-Tersedia
Berdasar pada tabel diatas, saya rasa keduanya cukup berimbang. Dan bisa digunakan untuk membuat konsep design. Hanya memang ada pendekatan yang berbeda. Sketchup web apps seperti hanya semacam software trial yang dibatasi beberapa fungsinya dari sebuah software Sketchup berbayar yang diinstall di komputer. Dalam artikel sebelumnya saya sudah menuliskan bahwa Sketchup bisa kita gunakan sebagai software modeling BIM. Artinya sketchup memang tidak dikhususkan untuk consept design saja. Sedangkan Formit memang dikhususkan untuk concept design. Jika kita menggunakan versi yang berbayar (dekstop) akan ada fitur yang lebih dari sekedar modeling yaitu live collaboration, energy analisys, solar analisys, dan autodesk material. Jadi Architect bisa membuat konsep di Formit kemudian di push ke Revit yang nantinya akan dijadikan model Schematic Design oleh modeler/drafter.

Tinggalkan Balasan