Pada hari senin 4 Maret 2019 kemarin saya mendapat undangan untuk menghadiri acara pembukaan kantor Trimble dan penyerahan plakat BIM pioneer di South Quarter Function Hall, Lantai LG, SQ Dome, Jl. R.A.Kartini Kav 8, Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Trimble adalah perusahaan yang menyediakan solusi untuk Industri kontruksi. Produk mereka yang sudah sangat di kenal di Indonesia adalah software Tekla Structures dan Trimble Sketchup.

Acara dimulai pada jam 11 dengan pidato singkat dari Mr. Jari Heino, General Manager Trimble Solutions Corporation kemudian dilanjutkan oleh perwakilan dari pemerintah yaitu Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian PUPR Bapak Ir. Herry Vaza, M. Eng.Sc, Ph.D. Dari Trimble menceritakan tentang hadirnya Trimble Solutions di Indonesia sedang dari Kementrian menceritakan tentang rencana pemerintah dan adopsi BIM di proyek – proyek pemerintah. Pihak pemerintah juga mengucapkan terimakasih kepada Trimble atas dukungannya lisensi Trimble Connect dan training.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatangan prasasti kantor dan pemotongan pita. Sesudah itu Country Manager, Trimble Solutions Rep. Office Indonesia, Bapak Pamadaraji memberikan paparan singkat mengenai mereka – mereka yang akan menerima plakat penghargaan BIM Pioneer. Mereka antara lain :

– PT. Seacad Services Indonesia perusahaan steel detailer yang sudah bepengalaman menggunakan Tekla

– Kementrian PUPR yang diharapkan untuk mengatur regulasi penerapan BIM di Indonesia

– Politeknik Negeri Jakarta Pioneer BIM institusi pendidikan

– Ikatan Ahli Pracetak dan Prategang Indonesia

– PT Pembangunan Perumahan Kontraktor pertama yang menggunakan TeklaStructures

– Perwakilan Perusahaan – perusahaan engineering tambang di Indonesia

– Bpk Aziz inovator Trimble Connect di Indonesia.

Kemudian acara diakhiri dengan prosesi pemotongan tumpeng dan  makan siang. Setelah makan siang para tamu undangan masih bisa mengikuti acara yang lain yaitu demo penggunaan Trimble Connect dan hololens.

Menurut saya acara ini menarik karena melibatkan lingkungan Pendidikan, industri konstruksi dan Pemerintah. Trimble juga memperkenalkan dan mendemonstrasikan produk unggulan mereka yaitu Trimble Connect. Apa itu Trimble Connect? Trimble Connect adalah platform yang berguna untuk menggabungkan dan mengkomunikasikan proses kerja baik itu owner, konsultan, kontraktor, sub kontraktor dan bahkan pemerintah. Itulah yang disebut dengan BIM. Jadi BIM bukan hanya melulu tentang modeling 3D untuk mempermudah visualisasi konstruksi namun lebih kepada proses kolaborasi oleh semua yang terlibat dalam proyek.

Ada hal menarik yang saya tangkap dari pertemuan kali ini. Saya melihat bahwa yang datang kebanyakan adalah perusahaan steel fabrikator. Kalaupun kontraktor juga mereka – mereka yang menggunakan Tekla Struktures. Memang tekla struktures menjadi software yang bisa diunggulkan Trimble di Indonesia. Namun dengan produk Trimble Connect semestinya Trimble juga mendorong para pelaku industri konstruksi untuk juga menggunakan Sketchup. Karena yang saya lihat di beberapa perusahaan yang menawarkan pekerjaan kepada saya (terutama konsultan) memilih untuk menggunakan produk kompetitor. Dan mungkin bisa terbentuk opini bahwa sketchup hanyalah software sketching 3D, Tekla adalah software fabrikasi dan software BIM adalah produk dari kompetitor. Semoga dengan adanya kantor baru Trimble Solutions yang lebih mudah diakses ini bisa mengedukasi masyarakat tentang adopsi BIM dan terutama penggunaan software Trimble yaitu Tekla, Sketchup dan Trimble Connect sebagai Solusi penerapan BIM di Indonesia.

artikel ini juga saya tayangkan di kompasiana