LOD itu Level of Development atau Level of Detail?

Singkatan LOD sering didefinisikan di masa lalu sebagai “Level of Development” atau “Level of Detail” dimana kata Development atau detail digunakan untuk maksud yang sama. Dikemudian hari definisi LOD cukup membingungkan dan tidak cukup untuk menerangkan isi model BIM, sehingga kedua singkatan tersbut dipisah . Saat ini The American Institute of Architects (AIA) telah memberikan penjelasan yang jelas dan contoh untuk kedua definisi (Layanan Lammar, 2014).

Level of Detail

Definisi Level Detail menurut Trimble Company adalah “Cara model terlihat” (Reis, J., 2017), mengacu pada jumlah input dan “berapa banyak detail yang termasuk dalam model elemen ”(BIMForum, p.9), mis. “Bentuk spesifik dan lokasi pipa baja yang dapat diukur di model ”(Reis, J., 2017). Deskripsi level yang tepat patut dipertanyakan, karena secara pasti publikasi belum dirilis dari BIMForum. Namun, sebuah dokumen telah diterbitkan dari industri Arsitektur, Teknik dan Konstruksi (AEC) di Inggris memiliki empat utama nilai / level detail dan contoh, yang ditunjukkan di bawah ini. :

  • G0 Simbolik (tidak mewakili objek fisik) Ini mungkin digunakan untuk simbol sebuah objek yang dimodelkan sama terlepas dari skala
  • G1 placeholder konseptual resolusi rendah
  •  G2 Komponen detail resolusi menengah untuk desain / konstruksi
  • G3 Resolusi tinggi, objek sepenuhnya terperinci. Biasanya hanya digunakan untuk visualisasi

Level of Development

Menurut Trimble Company, Level of Development didefinisikan sebagai “Kedalaman berpikir yang diterapkan pada model “(Reis, J., 2017) mengacu pada output dan” sejauh mana geometri elemen dan informasi terlampir telah dipikirkan dan sejauh mana anggota tim proyek dapat mengandalkan informasi saat menggunakan model. “(BIMForum, p.9).
Misalnya, ketika muncul pertanyaan, “apakah pipa dalam model telah diperhitungkan besarannya oleh engineer dan berada pada tempat yang tepat”(Reis, J., 2017). Saat ini, BIM standar biasanya mengacu  kepada Level Development. Karena ada hubungan antara kedua istilah, Level of Development dapat dilihat sebagai efek dari Level of Detail. Semakin tinggi detailnya, semakin tinggi pengembangan (Development)  dapat diharapkan dan sebaliknya (Reis, J., 2017).

Tinggalkan Balasan