Jika kita sebelumnya bekerja dengan AutoCAD dan mempunyai standar detail yang selalu kita gunakan dalam setiap proyek akan kita apakan file – file AutoCAD tersebut?. Jika kita mempunyai waktu luang dimana tidak sedang ada banyak proyek kita bisa redraw di Revit dan kita jadikan Family Detail Component. (Menu ribbon Annotate –> Detail –> Component)

Selain menjadikannya sebagai Family Detail Compnent kita juga bisa “merevitkan” file – file standar detail atau typical detail yang kita punya. Yaitu file tersebut kita insert di Drafting View (Menu ribbon View –>Create –> Drafting View). Kemudian kita atur – atur warna dan ketebalan garis. Setelah itu kita bisa menggunakannya dengan membuat Callout namun kita pilih Reference Other View. Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan contoh.

Skenarionya adalah saya sudah memiliki gambar standar penulangan tangga yang dibuat dengan AutoCAD. Kemudian saya mempunyai proyek dengan Revit dan akan mendetailkan penulangan tangga. Saya akan “merevitkan” gambar standar penulangan tangga itu agar tidak perlu membuat lagi di Revit. Langkah pertama kita insert gambar dwg standar penulangan tangga di Drafting View . Kita click menu ribbon View –> Create –> Drafting View

drafting view

Setelah itu kita beri nama dan Skala yang akan kita pakai.

scale

Setelah kita beri nama dan Skala, maka kita akan insert Link Cad  file AutoCad detail penulangan tangga. Di menu ribbon Insert –> Link –> Link CAD

insert link

Hasilnya file AutoCAD akan ter-link. Namun warna garisnya masih sama seperti dalam AutoCAD. Karena Revit tidak menggunakan CTB kita akan mengaturnya agar sesuai dengan yang kita inginkan.

link cad

Untuk mengaturnya, kita ke properties kemudian Edit Visibility / Graphics Overrides

visibility edit

Di jendela edit visibility ini kita pilih tab yang Imported Categories (1)kita edit bagian file yang kita insert tadi di bagian Projection/ Surface –> Line (2). Disini kita bisa atur pattern (jenis garis), warna dan ketebalan garis (3)

setting visibility

Hasilnya nanti akan menjadi seperti gambar berikut :

link cad black

Selanjutnya kita akan membuat Callout di bagian tangga. Namun sebelumya kita bisa taruh dahulu detail penulangan tangga ini di sheet. Foldernya berada di Drafting View.

drop drafting view

Kemudian kita masuk ke salah satu view section tangga dan membuat Callout. Dari menu ribbon View –> Create –> Callout

create call out

Nah yang terpenting sebelum kita mulai clik di view section tangga, kita pilih Reference Other View dan pilih drafting view A (detail penulangan tangga)

ref other view

Setelah ini barulah kita clik untuk membuat Callout di view section tangga.

 

 

Karena detail ini typical kita bisa copy callout dan semuanya ketika kita clik kanan dan go to view akan menuju ke view yang sama yaitu Drafting View A