Membuat Family Balok dan Kolom

Revit adalah software modeling 3D yang bukan sekedar untuk modeling saja. Namun Revit bisa digunakan untuk proyek dengan BIM System. Jadi obyek yang kaya dengan informasi – informasi adalah mutlak. Di Revit obyek – obyek tersebut di load dari luar file project dan bisa kita gunakan kapan saja pada project apa saja. Obyek – obyek tersebut dinamakan Family. Semacam dynamic block di AutoCAD namun ditambah informasi – informasi yang wajib untuk project dengan BIM System.
Ada juga Family yang sudah ada di Revit dan tidak bisa kita ubah bentuknya yang dinamakan System Family.  Namun di System Family kita masih bisa untuk edit material apa saja ke dalam family tersebut tidak terbatas hanya 1 material. Sebagai contoh dinding bata kita bisa membuat family dinding dengan 3 lapisan yaitu bata, plaster dan finishing (acian & cat).
Kali ini saya hanya akan membuat Family sederhana saja untuk balok dan kolom. Jika anda basicnya adalah structure anda bisa menggunakan library content Japan untuk balok dan kolom baja. Karena balok dan kolom baja pabrikan di Indonesia mengacu pada Japanese Industrial Standards (JIS).
Untuk membuat kolom seperti biasa kita ke Family—>New lalu pilih template metric column. Disitu sudah ada template parameter kolom bentuk kotak berukuran 600mm x 600mm.

 

Kemudian jika pada project browser kita lihat di bagian elevation pun sudah ada garis reverence plane dan levelnya. Jadi kita akan menggunakannya untuk membantu pembuatan family.
Pertama kita kembali ke Floor plan (diakses dengan project browser). Lalu kita akan menambahkan reverence plane karena kita akan membuat kolom yang ada chamfernya. Caranya pada menu ribbon Create—>Datum—>Revefence Plane.

Kita buat seperti gambar dibawah dan diberi parameter dimensi dengan nama chamfer


Setelah itu kita buat family 3Dnya dengan extrude. Ada di menu ribbon Create—>Forms—>Extrusion



Kemudian kita gambar bentuknya dengan tool draw (1). Dan pastikan garisnya untuk lock pada reverence plane (2). Setelah selesai kita clik pada logo centang di menu mode (3)

 

Leave a Reply