Mendorong Penggunaan BIM Dalam Perusahaan Konstruksi

Setelah seluruh anggota team sebuah perusahaaan terinspirasi dan merasa membutuhkan BIM sewaktu kita bisa Menciptakan BIM vision yang efektif. Seorang pioner BIM harus bisa mengejawantahkan menjadi suatu taktik kreatif yang sesuai dengan tujuan strategis perusahaan. Mempunyai roadmap yang jelas dan berusaha untuk selalu memenuhi target dalam roadmap yang telah dibuat.

Berikut beberapa strategi yang bisa kita terapkan untuk mendorong penggunaan BIM dalam perusahaan :

1. Menjembatani Gap
Tindakan dari pimpinan dan  BIM leader harus melalui pendekatan bottom -up. Karena seperti yang sudah saya tuliskan dalam artikel menciptakan BIM vision yang efektif bahwa ini adalah merubah sistem kerja, jangan sampai ada yang merasa ditinggalkan dalam sistem kerja BIM. Apalagi untuk pekerja terbawah.

2. Komunikasi yang hebat
Skil komunikasi yang meyakinkan para pimpinan untuk selalu berkomitmen dengan BIM. Menyuntikkan energi positif untuk tetap dalam roadmap dan menunjukkan dalam kegiatan real sehari – hari dari teori – teori BIM.

3. Training
Adopsi sistem kerja BIM membutuhkan skil baru dan harus berani berinvestasi melalui training – training yang benar. Misalnya jika memakai produk Autodesk bisa training melaui ATC bukan training di tempat kursus biasa.

4. Kontrak dan Legal
Menggunakan sistem BIM mempengaruhi hubungan antara perusahaan dengan client. Kemampuan kolaborasi merupakan perubahan signifikan daripada proses tradisional. Untuk itu perlu di bicarakan di depan dengan para pemangku kepentingan ( baca : BIM GUIDE : BIM Execution Plan)

5. Kepatuhan, Audit dan Quality Control
Review project oleh BIM leader diperlukan untuk mengevaluasi standar dan keefektifan teknologi BIM. BIM leader dapat menangkap hambatan – hambatan kemudian menggunakan praktek yang terbaik untuk meningkatkan standar.

6. Mengukur BIM Maturity
BIM Leader harus bisa mengetahui kemampuan perusahaan dalam penggunaan BIM. Sehingga mempunyai indikator kapan perusahaan bisa meningkatkan BIM Maturity. Seperti pada artikel sebelumnya  yaitu menciptakan BIM vision yang efektif, sudah tertulis dalam pilot project kita bisa menerapkan BIM yang tidak penuh secara bertahap.

Tinggalkan Balasan