Mengenal Autodesk BIM 360

Seperti yang sudah pernah dituliskan di artikel Mengenal BIM, bahwa BIM adalah proses menciptakan dan memanajemen data dalam siklus project, maka tidaklah cukup hanya menggunakan software modeling untuk menyimpan data – data tersebut. Tentunya perlu sebuah server yang bisa menyimpan komentar dari architect, engineer maupun owner dari sebuah proyek. Atau record dari proses kolaborasi pada saat menggunakan BIM. Selain menyediakan software modeling untuk Architect dan Engineering lewat Revit, Autodesk juga mempunyai layanan server yang terintegrasi dengan software construction management BIM yaitu BIM 360. Server yang terintegrasi dengan software ini memudahkan kita untuk membangun suatu sistem BIM untuk project yang kita kerjakan.

Untuk BIM 360 sendiri terdapat banyak jenis atau type yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan sistem BIM yang akan kita gunakan. Karena penggunaannya dan siapa yang akan menggunakan akan memiliki harga yang berbeda. Baiklah kita akan membahas satu per satu produk BIM 360.

BIM 360 DOCS
Sebuah modul Document Management, yang merupakan produk lengkap dari BIM 360, namun dapat pula dibeli layanannya secara terpisah. Setiap project sejak kick off bisa menggunakan produk ini. Ini adalah modul dimana untuk memusatkan semua data – data dalam project. Ini adalah tempat untuk memusatkan , mengcontrol dan memberi akses kepada setiap anggota team. Gambar berikut adalah fungsi dari modul ini :

BIM 360 DESIGN
Ini adalah modul untuk kolaborasi tim desain dari sebuah proyek. Ini adalah generasi terbaru yaitu sebuah jawaban Autodesk ketika pengguna Autodesk C4R menginginkan kontrol yang lebih besar untuk cloud colaboration dengan Revit. Penggunaanya :
  1. Cloud Worksharing: Sebagai penyimpanan dan viewer model Revit secara realtime yang memudahkan untuk review dan juga menambah anggota yang bisa melihat model dimana saja dan kapanpun.
  2. Design Collaboraton: Untuk mengontrol pengiriman dokumen gambar agar informasi tetap terjaga sebagai yang terupdate dan diakses oleh orang yang tepat.
  3. Document Management: mengontrol akses untuk dokumen gambar dan sebagai satu – satunya sumber data untuk project.
Gambar berikut merupakan penjelasan dari fungsi  BIM 360 Design :

 

BIM 360 GLUE
Digunakan untuk fase pra-konstruksi untuk review bagaimana project tersebut akan dikerjakan. Juga untuk clash detection. Karena bisa saja dalam penggunaan platform BIM atau perusahaan berbeda – beda pada setiap disiplin ilmu dalam proyek. Dengan BIM 360 GLUE inilah disatukan dalam 1 data.
Gambar berikut merupakan penjelasan dari fungsi  BIM 360 GLUE :

BIM 360 BUILD
Digunakan untuk tahap konstruksi di lapangan. Beberapa fitur termasuk pengelolaan RFI ada dalam modul ini dan mudah untuk dilacak dan di audit.

Gambar berikut merupakan penjelasan dari fungsi  BIM 360 BUILD :

Leave a Reply