Mengenal BIM

image source:bimplus.co.uk

Apakah itu BIM? Baik akan kita mulai dengan kepanjangan dari singkatan BIM.

Building = Bagian dari BIM yang menunjukkan tentang obyek yang dibahas selama proyek berlangsung.

Information = Dalam konteks BIM, Information adalah semua informasi atau data yang berguna
dihasilkan di seluruh siklus hidup bangunan. Ini termasuk informasi seperti gambar,
rincian konstruksi, rendering 3D, spesifikasi teknis, analisis struktural, fasilitas
informasi manajemen, analisis dan simulasi energi, pengukuran, anggaran dan pembelian
informasi, perencanaan, dokumentasi dan pemeliharaan, dll

Modeling = Ketika kita berbicara tentang “Modeling” kita mengartikan model tunggal tiga dimensi yang dihasilkan oleh proses BIM. Model ini dikembangkan oleh semua peserta dalam proses, yaitu  mereka yang terlibat dalam perencanaan, studi topografi, arsitektur, struktur, manajemen fasilitas,
anggaran, dll

Jadi BIM adalah proses menciptakan dan memanajemen  data selama siklus hidup bangunan mulai dari informasi awal perencanaan, skematik, detail design, konstruksi, perawatan, pengembangan bahkan sampai peruntuhan bangunan ke dalam sebuah model 3D yang dinamis dengan data yang real time.

Ini membantu mengurangi waktu dan sumber daya yang terbuang dalam tahap desain dan konstruksi. Semua informasi ini bisa diakses sepanjang siklus hidup suatu bangunan oleh peserta proyek tanpa memandangnya kedekatan dengan proyek. Artinya data – data tersebut disimpan dan diakses melalui cloud (internet) yang disebut dengan common data enviroment (CDE)
Sistem BIM ini memungkinkan semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan proyek dapat bekerja bersama – sama untuk melaukan kolaborasi dan mempercepat proses. Misalnya dalam clash detection. Karena menggunakan model 3D yang mudah untuk diakses semua yang berkepentingan dalam proyek, clash antar disiplin sebagai contoh pipa dari disiplin MEP yang menabrak beam dari disiplin struktur bisa dengan mudah terdeteksi dan segera untuk bisa di ambil keputusan penyelesaiannya.

Agar bisa menggunakan BIM kita juga memerlukan platform BIM untuk menyimpan dan mengelola data – data yang ada. Beberapa platform BIM yang ada antara lain :

  • Autodesk BIM 360
  • Asite
  • Oracle Aconex
  • www.bimserver.center
  • dll

Tujuan utama BIM adalah:

  • Untuk menawarkan dukungan untuk keputusan investasi dengan membandingkan fungsionalitas, ruang lingkup dan biaya proye.
  • Untuk menawarkan analisis komparatif persyaratan energi dan lingkungan yang akan memungkinkan pengguna untuk memilih solusi desain yang tepat
  • Untuk menampilkan dan berbagi desain dan studi kelayakan konstruksi.
  • Untuk menawarkan peningkatan jaminan kualitas dan pertukaran data untuk membuat proses desain lebih banyak, efektif dan efisien.
  • Untuk memanfaatkan data bangunan secara efektif selama konstruksi, operasi dan pemeliharaan.

Leave a Reply