Modeling BIM dengan Kecerdasan Buatan ala Bricscad

Bricscad memanfaatkan alogaritma kecerdasan buatan (AI) untuk menjaga konsistensi keakuratan Level of Development model BIM yang kita buat. Alur kerja BricsCAD BIM menawarkan dua fitur utama AI yang membantu menyederhanakan pekerjaan ini yaitu BIMify dan Propogate.

Cara Kerja BIMify

Kita membuat model mass untuk study skematik dengan elemen solid. Elemen solid ini bisa kita bentuk – bentuk secara mudah dengan push dan pull (sama seperti dalam sketchup). Kemudian setelah jadi kita jalankan BIMify dan routine dari BIMify akan mendeteksi skematik bangunan yang anda buat kemudian secara otomatis akan

menjadikannya elemen BIM sesuai klasifikasinya apakah itu wall, floor atau roof. BIMify juga akan membedakan bangunan jika ada 2 atau lebih elemen solid yang terpisah, membuatkan level jika mendeteksi anda membuat beberapa yang terdeteksi sebagai floor dalam satu bangunan termasuk juga membuatkan jenis room.

Cara kerja Propagate

Setelah model mass anda sudah menjadi model BIM (yaitu sudah di klasifikasikan) kemudian kita bisa menambahkan data informasi dalam elemen – elemen BIM. Sebagai contoh atap kita menggunakan genteng atau concrete, slab floor jika concrete kita bisa menambahkan informasi apakah itu concrete insitu atau precast. Dan informasi – informasi lainnya semacam tag, harga dll. Propagate adalah alat yang memudahkan untuk kita menambahkan informasi – informasi tersebut. Propagate akan memetakan base solid yang sudah BIMify sehingga jika kita mempunyai base solid yang sama di beberapa tempat pada model kita, maka propagate akan mendeteksi sebagai elemen BIM yang sama. Jadi kita tidak perlu satu – persatu untuk menambahkan informasi dalam setiap elemen. Pilih salah satu geometri yang ingin anda isikan informasi, maka dalam hitungan detik akan di zoom out dan menampilakan widget di beberapa lokasi lain yang dideteksi sama oleh Propagate. Jika menurut anda itu sudah benar maka tinggal clik mouse untuk menyetujui.

 

 

Tinggalkan Balasan