Di dalam proses bekerja dengan BIM kita mengenal adanya istilah Level of Development (LOD) yaitu sebuah referensi untuk pelaku bisnis AEC (Architecture, Civil, Engineering) untuk menentukan dan menjelaskan konten hasil kerja mereka sesuai dengan fase design dalam proses kerja BIM. Dengan referensi ini kita membuat model BIM sesuai dengan fase design. Misalnya kita tidak perlu untuk memodelkan furnitur kursi sampai dengan detil pada fase konsep. Mungkin hanya kita modelkan kotak dengan ukuran terluar dari kursi tersebut. Fungsi dari LOD adalah :

  1. Untuk membatu team termasuk client untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang menentukan deliverable dari sebuah pekerjaan.
  2. Untuk membantu manajer desain menjelaskan kepada tim mereka informasi dan detail yang perlu disediakan di berbagai fase desain
  3. Untuk memberikan standar yang dapat dirujuk oleh kontrak dan BIM execution plans

LOD secara garis besarnya ada 6 yaitu LOD 100, LOD 200, LOD 300, LOD 350, LOD 400 dan LOD 500. Definisi dasar dari LOD adalah sebagai berikut :

LOD 100  (Fase konsep )

Elemen model merupakan generic model namun tidak menampilkan informasi geometri secara pasti. Artinya ukuran tidak bisa dijadikan patokan. Informasi yang berhubungan selain informasi geometri bisa berasal dari elemen lain.

LOD 200  (Fase Skematik)

Elemen model merupakan generic model yang mempunyai informasi geometri berupa bentuk dan ukuran kemudian informasi jumlah, lokasi dan orientasi. Informasi non geometri bisa dilampirkan juga.

LOD 300 (Fase Detail Design)

Model sudah berupa model yang mempunyai akurasi informasi geometri secara spesifik. Tidak boleh ada informasi geometri yang merunut pada hal lain misalnya berupa catatan ukuran. Informasi non geometri bisa dilampirkan juga.

LOD 350 (Fase Construction Documentation)

Model sudah berupa model yang mempunyai akurasi informasi geometri secara spesifik. Tidak boleh ada informasi geometri yang merunut pada hal lain misalnya berupa catatan ukuran. Hubungan antar element tertera dengan jelas misalnya bagaimana pintu dan tembok bisa terhubung. Informasi non geometri bisa dilampirkan juga.

LOD 400 (Fase Fabrication & Assembly)

Model berupa model yang mempunyai akurasi informasi geometri secara spesifik. Termasuk juga detail dan informasi bagaimana hubungan antar element dan cara menghubungkan misalnya berapa jumlah angkur dan panjangnya yang menghubungan pintu dengan tembok. Informasi non geometri bisa dilampirkan juga.

LOD 500 (Fase As Built)

Elemen dimodelkan sama persis seperti apa yang dibangun. Digunakan untuk data perawatan.