Revitools : Elevation

Elevation adalah sebuah tool di revit yang fungsinya untuk membuat tampak samping kiri – kanan – depan dan belakang. Sebelum kita akan ke tools datum selain grid line yaitu level kita harus membuat elevation terlebih dahulu.  Untuk mengetahui arah pandangan dari elevation yang kita buat apakah tampak kiri, tampak kanan, tampak belakang atau tampak depan, kita harus me-load family arah elevation terlebih dahulu. Caranya masih sama yaitu menubar Insert –> Load Family. Family berada di folder yang sama yaitu Annotation.

elevation_family_revit

Setelah kita load dan kita bisa membuat elevation dari menubar View –> Create –> Elevation

create_elevation.jpg

Jika kita expand dengan klik tanda panah kebawah di samping tombol elevation akan terdapat 2 jenis elevation yaitu Elevation dan Framing elevation. Bedanya adalah Dengan elevation kita bisa membuat tampak sebuah bangunan secara utuh, sedangkan framing elevation membuat tampak dari elemen yang hanya pada 1 grid. Kita akan bahas hanya Elevation terlebih dahulu karena Framing Elevation lebih spesifik pada kebutuhan menggambar struktur.

Kemudian kita akan edit elemen elevation terlebih dahulu karena seperti yang kita lihat di layar bahwa simbol elevation masih salah yaitu menggunakan simbol grid head.

elev_salah simbol.jpg

Caranya kita clik elevation tersebut lalu pada properties kita clik edit (sama seperti pada edit grid) Kemudian akan muncul jendela Type properties yang bisa kita atur – atur seperti pada penjelasan berikut.

elev_properties.jpg

  1. Kita bisa membuat type elevation yang lain dengan duplicate atau memberi nama sesuai dengan standar perusahaan dengan rename.
  2. Elevation Tag adalah simbol dari elevation
  3. Callout Tag adalah simbol dari callout. Jadi kita bisa membuat tampak pada salah satu bagian kecil bangunan dengan callout ini. Misalnya ada gambar bangunan dengan teras kecil kita gambat tampak depan. Kemudian kita akan mendetailkan dengan skala yang lebih kecil tampak depan dari terasnya saja (kita bikin elevation hanya mencakup pada bagina teras) nah di gambar tampak yang besar akan ada callout ini. (untuk penjelasan lebih lanjut akan kita bahas tersendiri)
  4. Reference Label secara default adalah sim (singkatan dari similar) Label ini merupakan label dari si simbol tersebut. Misal di elevation simbol kita tulis Barat reference label ini bisa kita ganti dengan tampak. Sehingga nanti akan ada tulisan tampak barat, tampak timur dll.
  5. View template. View template memudahkan kita untuk membuat view yang nanti akan menjadi gambar jadi. Misalya seperti contoh pada callout kita membuat view template untuk tampak yg skala besar dan kecil. Jika kita menggunakan view template ketika membuat elevation teras akan otomatis menggunakan skala kecil dan setting – setting lainnya yang kita buat di view template. View template juga akan kita bahas tersendiri

Kita akan fokus pada Elevation Tag. Kita clik pada nilai (value) elevation tag kemudian kita clik pada tanda 3 titik yang muncul […] Kemudian akan muncul jendela untuk load family simbol Elevation.

elevation_family_ok.jpg

Akan banyak pilihan antara lain Detail Number, Detail Number and View Name dan Filled Arrow. Jika kita pilih :

  1. Detail number nantinya di simbol akan tertera nomor – nomor yang bisa kita urutkan saat ditaruh di sheet. Jadi efektif kalau kita membuat banyak view dengan nama view 1, view 2 dst
  2. Detail number and View name, selain detail number juga akan muncul nama view yang kita buat. Karena detail number hanya muncul jika view sudah ditaruh di sheet dengan view name bisa memudahkan kita mencarinya di project browser.
  3. Filled Arrow bedanya hanya tanda panahnya diblok hitam.

Kita bisa copy elevation kemudian mengganti arah view-nya dengan cara clik pada bagian bulatan  kemudian clik centang arah yang diinginkan

 

elev_duplicate.jpg

Selain itu kita juga bisa memperpanjang view range dari elevation dengan cara clik pada bagian arrow dan drag garis imajiner yang muncul. Sepeti contoh dibawah elevation hanya sampai pada grid B. Maka bisa kita perpanjang view range  sampai grid A

elev_view_range.jpg

 

Tinggalkan Balasan