Revitools: View – Duplicate View (part-6)

Kita skip bagian Material Takeoff, Sheet List, Note Block dan View List karena ketika teman – teman sudah menguasai tentang pembuatan Schedule/Quantity maka menu – menu yang kita skip tersebut pastilah sangat mudah untuk dipelajari.

Sekarang kita menuju ke bagian Duplicate dimana ada 3 jenis yaitu Duplicate View, Duplicate with Detailing dan Duplicate as Dependent yang penjelasan singkatnya bisa teman – teman baca artikel Revitools : view part 2 . Sekarang saya akan memberikan contoh biar lebih jelas daripada sekedar deskripsi singkat. Untuk membuat duplicat selain dari menu ini bisa juga kita akses dari project browser seperti gambar dibawah ini dengan step  A–> Klik kanan di project browser view yang akan kita duplikat. Kemudian B–> ke menu Duplicate View dan C–> Silakan pilih type duplikatnya.

diplicate_1.jpg

Kita coba dengan Duplicate biasa. Maka akan ada view dengan akhiran copy pada namanya. Hasilnya adalah hanya model saja yang terduplicat tanpa adanya annotation yang sudah kita buat

diplicate_2a
Duplicate View

Kemudian Duplicate with Detailing adalah menduplikat view berikut komponen – komponen annotasinya. Jika salah satu view kita hapus annotasinya maka tidak akan ada efek apapun kepada view duplikatnya.

diplicate_3
Duplicate with Detailing

Sedangkan yang terakhir adalah Duplicate as Dependent. Tidak seperti pada kedua jenis

diplicate_5.jpg

duplikat diatas yang yang masing – masing berdiri sendiri, Duplicate as Dependent adalah membuat duplikat yang sama persir dan tidak berdiri sendiri. Ini ditandai dengan di project browser, view yang diduplikat sebagai induk dan duplikatnya sebagai anak. Jika ada komponen annotation baik itu dimensi, teks, tag, detail component dll dihapus pada salah satu view (baik itu induk atau anak) maka pada view lainnya akan terhapus juga.

diplicate_4
Duplicate as Dependent

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan