Revitools : View – Scope Box (part 7)

Akhirnya kita sampai juga kepada part 7 dari Revittools- View yaitu membahas mengenai scope box. Scope box digunakan untuk mempermudah kita dalam membuat crop view (baca = Revitools:View – part 3) ketika dalam satu file terdapat bagian – bagian dari bangunan yang ingin kita buat view tersendiri. Lalu mengapa ada tools scope box jika kita bisa dengan croping di properties? jawabannya adalah dengan scope box kita bisa membuat croping yang seragam dari banyak view secara lebih cepat baik secara vertikal maupun horizontal karena seperti namanya scope box itu berbentuk box. Dengan scope box kita juga dengan mudah untuk memutar view pada saat akan kita taruh di sheet.

Jika kita mempunyai bangunan yang terdiri dari beberapa fungsi bangunan bisa kita buatkan gambar teknis tersendiri masing – masing fungsi bangunan tersebut dengan hanya 1 model BIM. Sebagai contoh saya kali ini akan membuat scope box untuk bagian tangga / lift bangunan yang pernah saya kerjakan.

Gambar diatas terlihat bagian tangga dan lift ada di grid 7-6 dan N-M. Untuk itu maka kita bisa clik scope box lalu membuat di bagian tersebut.

Kita bisa memperbesar atau memperkecil scope box tersebut dengan cara clik kemudian seret tanda panah yang berada pada keempat sisinya. Jangan lupa juga kita atur ketinggian scope box tersebut karena dia berlaku secara 3D. Kemudian agar arah atas sesuai yang kita inginkan kita bisa memutar pada tanda  putar yang berada di kanan atas scope box (1). Arah orientasi dari scope box bisa kita deteksi dengan tanda ini yaitu selalu di kanan atas. Kita akan coba putar  ke kiri agar teman – teman dapat melihat perubahannya. Kemudian kita bisa menamai scope box ini dengan rename dari properties setelah kita clik scope box tersebut. (2)

Kemudian cara kita menggunakan scope box tersebut sangat mudah. Pertama kita duplikat view plan yang ada kemudian pada properties kita pilih scope box tersebut. Hasilnya adalah seperti gambar berikut

 

Tinggalkan Balasan