Setting Revit (1 ): Material

Sebelum melanjutkan ke menu view yang lain yaitu bagian Graphics dan Sheet Composition. Alangkah baiknya kita membahas tentang Setting Revit terlebih dahulu karena tadinya saya akan lanjut ke Graphics dan ternyata berhubungan erat dengan salah satu menu di Setting Revit yang saya anggap penting untuk dibahas terlebih dulu.

Untuk part yang pertama ini kita akan membahas Material. Material ini selain penting untuk tampilan render juga penting jika kita membuat MTO berdasarkan material. Bahkan kita juga bisa memasukkan harga material sehingga bisa sampai dengan membuat RAB. Menu material ada di menu ribbon Manage –> Setting –> Material. 

Saya sudah pernah menuliskannya di artikel ini. Namun demikian akan saya ulangi dengan beberapa penambahan.Berikut contoh untuk membuat material baru untuk tembok autoclaved cellular concrete (Hebel) :

Kita lihat gambar dibawah ini. Pertama kita clik Create New Material (1) kemudian click pada tab Identity (2) dan kita beri nama (3) jangan lupa untuk mengganti class menjadi Mansory (4). Pada Product Information bisa kita tambahkan informasi produknya misalnya pabriknya, model, harga dan url ke website resmi produk tersebut atau URL ke e-Katalog pemerintah (kalau sudah ada). Kemudian juga buat annotasi di Revit ada 2 yang bisa kita gunakan yaitu keynote dan Mark.

 

Kemudian kita clik tab Appearance (1) kemudian clik replaces this assets (2)

 

Kemudian akan muncul jendela Asset Browser.  Kita pilih sesuai dengan klasifikasi material yang ada yaitu Autodesk Physical Assets –> Masonry –> CMU  kemudian kita double click pada Plain – Medium Gray. Kemudian kita tutup jendela Asset Browser dan kembali ke jendela Material Browser.

 

Kemudian kita clik pada tab Graphics di jendela Material Browser. Kita bisa atur arsiran dari sini.  Untuk membuat arsiran atau import arsiran dari file .pat akan saya tuliskan di part selanjutnya (masih di rangkaian Artikel Revittools-Setting Revit). Setelah selesai kita bisa clickApply dan OK

Tinggalkan Balasan