Setting Revit (2) : Object Styles

Object Styles adalah tools revit untuk setting bagaimana obyek atau elemen yang kita buat akan ditampilakan. Meliputi tebal garis, jenis garis dan warna . Kita bisa mengaksesnya dari menu ribbon manage –> settings –> object styles

2020-03-12_054156.jpg

Kemudian akan terbuka jendela Object Styles yang terbagi menjadi 4 tab yaitu Model Objects, Annotation Objects, Analytical Model Objects dan Imported Objects.

2020-03-12_054507.jpg

Model Objects digunakan untuk mengatur bagaimana obyek semacam pondasi , lantai, balok, kolom, atap, furniture, pintu,jedela dll akan terlihat. Kita bisa mengatur misal seperti elemen struktur mempunyai ketebalan garis 2 dan ketika kita potong mempunyai ketebalan garis 4. Kemudian furnitur, pintu dan jendela mempunyai ketebalan garis 1 dll. Begitu juga dengan annotation object semacam dimensi, symbol tags dll. Sedangkan Analytical Object adalah garis analisis struktur. Untuk object lain berupa link baik cad atau revit diatur melalui Imported Object.

Berikut contoh kita mengatur Object Style dari sebuah kolom struktur. Projection adalah garis penggambaran kolom akan kita beri nlai 2. Sedangkan Cut adalah garis kolom ketika kita melihat kolom yang terpotong, kita beri nilai 4 karena dalam gambar teknik obyek yang terpotong akan mempunyai garis yang tebal. Line color bisa kita setting seperti pada kebiasaan ketika menggambar dengan AutoCAD atau kita biarkan hitam. Karena warna tidak akan berpengaruh pada ketebalan garis karena kita mengatur ketebalan garis default melalui object style ini. Kemudian Line pattern bisa kita kosongkan (hasilnya sama dengan Solid). Jika di AutoCAD adalah Continuous line. Material sebaiknya kita kosongkan karena akan ada banyak type material kolom semisal beton pracetak, beton insitu, baja atau bahkan kayu. Namun jika kita mempunyai Family yang sudah mempunyai parameter sub category berdasar material, bisa kita tambah sub category pada object sytle ini dan kita isikan materialnya.

 

 

 

Leave a Reply