Setting Revit (3) : Project Information

Ada beberapa fungsi parameter yang bisa kita gunakan didalam Revit yaitu : Project Information, Project Parameters, Shared Parameter, Global parameters dan Transfers Project Standards. Karena saya bingung jika harus menerangkan secara detail satu per satu,untuk itu akan saya jabarkan secara singkat dan akan memberikan contoh penggunaan semua setting yang saya sebutkan tadi kedalam artikel ini. Jadi saya harapkan teman – teman bisa menyimpulkan bagaimana akan mengunakannya dalam praktik project yang sedang dikerjakan. Untuk yang pertama kita akan membahas tentang Project Information. Saya akan memberikan contoh yang simple yaitu kita akan membuat Family Title Block (Kop gambar). Pertama di layar Home Revit kita clik tombol New pada pilihan Family.

Kemudian kita pilih pada folder Title Block –> A0 metric. Setelah terbuka akan kita lihat garis kotak yang merupakan ukuran kertas A0. Kemudian kita akan membuat bagian etiketnya di sebelah kanan. Formatnya kira – kira seperti gambar dibawah. Itu saya buat dengan Line dan Text karena teks – teks yang ada disitu adalah teks yang tidak berubah. Artinya tidak perlu kita memakai parameter.

Kemudian bagaimana kita membuat teks – teks yang akan selalu berubah (isian – isian yang kosong pada etiket tersebut)? Kita akan menggunakan label yang beberapa diantaranya masuk kedalam Project Parameter. Yaitu

  • Nama proyek
  • Nomor Proyek
  • Pemilik
  • Lokasi
  • status dan
  • tanggal

Sedangkan yang lain adalah parameter yang ada di properties Family Title Block yang kita buat.

 

 

 

 

 

 

Untuk itu kita akan membuat label yang merupakan Project parameter terlebih dulu. Caranya adalah kita clik pada menu ribbon Create –> Text –> Label. Kemudian kita klik untuk menaruh pada tempat label tersebut (1). Akan terbuka jendela Edit Label kemudian kita pilih paramater yang benar (2) lalu kita masukkan ke Label parameter dengan clik tanda panah (3). Setelah itu kita bisa clik OK.

Kita akan isi semua kolom etiket yang memerlukan parameter dengan Label. Untuk tutorial lengkap membuat Title Block (kop gambar) pernah saya tuliskan secara lengkap terbagi dalam : Part 1, Part 2 dan Part 3.

Selanjutnya setelah selesai kita bisa load Family title block ke file project Revit dan melihat bagaimana Project Information bisa kita gunakan dalam Title block dan otomatis juga menjadi informasi ketika kita export ke DWF

Disitu terlihat ada teks yang berubah -ubah namun belum kita masukkan yaitu tanggal pengesahan. Bilamana setiap orang tersebut menandatangani di tanggal yang berbeda? Sementara di label family hanya tersedia Project Issue Date, Sheet Issue Date? Lalu bagaimana pula jika selsain judul gambar kita juga harus mengisi sub judul? Kita akan membahasnya di artikel selanjutnya mengenai Shared Parameter.

 

Tinggalkan Balasan